Jumat, 30 Desember 2016

Di Singapura, Pengendara Lambo Ugal-ugalan Ditahan Polisi, Mobil Disita

Pria berusia 45 tahun ditangkap di Singapura karena melakukan aksi ugal-ugalan saat menyalip secara ugal-ugalan dengan Lamborghini Huracan Spyder.

Di Singapura, Pengendara Lambo Ugal-ugalan Ditahan Polisi, Mobil Disita

Di awal bulan ini sebuah mobil Lamborghini Huracan biru muda tertangkap kamera tengah menyalip di antara sebuah mobil dan truk yang berjalan dengan kecepatan tinggi. Padahal di sebelah kiri jalan terlihat jalanan kosong, namun si pengemudi ini memilih manuver berbahaya dengan menyalip di jalanan yang ada kendaraan mobil sedang berjalan.

Video itu kemudian menjadi viral di sosial media setelah diposting di Facebook.

Namun syukurlah tidak ada korban dalam kejadian ini, tetapi otoritas setempat tak begitu saja membiarkannya. Setelah menginvestigasi video tersebut, polisi setempat mencari siapa si pemilik mobil tersebut dan menahannya pada 11 Oktober lalu juga menyita mobil Lamborghini-nya.

"Keluarga dan saya berada di dalam mobil pada saat kejadian tersebut, pengalaman yang sangat mengerikan. Saya berharap semua pengendara menghormati siapa saja di jalanan dengan disiplin dan jangan berkelakuan yang membahayakan ke pengguna jalan lain," kata Heng See Meng, yang merekam kejadian tersebut di kamera dasbornya seperti dilansir carscoops, Sabtu (29/10/2016).

Belum diketahui lebih lanjut apakah si pengendara masih ditahan dan hukuman apa yang bakal diterimanya.

Minggu, 25 Desember 2016

1.000 Mobil Honda Tumplek di BSD ICE, Tangerang

Sekitar 1.000 mobil memenuhi parkiran Hall 10, ICE, BSD, Tangerang. Mobil-mobil Honda itu tengah merayakan Honda Day 2016, hari seru untuk pecinta Honda.

1.000 Mobil Honda Tumplek di BSD ICE, Tangerang

"Hari ini, lebih dari 1.000 modil dan lebih dari 2.000 anggota dari 20 komunitas Honda berkumpul. Komunitas merupakan bagian penting dari keluarga besar Honda karena keberadaannya telah memberikan nilai lebih bagi Honda melalui kegiatan saling berbagi pengetahuan," ujar Presdir PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida yang menyambut komunitas Honda di ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (29/10/2016).

"Banyak kegiatan sosial yang dilakukan komunitas yang memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia, saya berharap bisa terus mempererat hubungan dengan komunitas," tambahnya.

Selama sehari ini, Honda Day 2016 memberikan kesenangan bagi pengguna mobil Honda, ada kontes modifikasi, diskon atau promosi penjualan kendaraan Honda, drag race dan juga menikmati hiburan dari artis seperti Project Pop dan JKT48, hingga berburu kuliner maupun aksesoris atau pernak-
pernik mobil dalam Community Bazaar.

Selasa, 20 Desember 2016

Toyota Rayakan 45 Tahun di Indonesia

Tahun 2016 menandai perjalanan 45 tahun Toyota di Indonesia. Di usianya yang kian dewasa, Toyota berkomitmen pada Indonesia.

Toyota Rayakan 45 Tahun di Indonesia

"Selama 45 tahun Toyota sudah bisa mengatasi tantangan dan meningkatkan operasi dengan dukungan semua shareholder. Indonesia adalah pasar Toyota terbesar keempat di dunia," ujar Managing Officer Toyota Motor Corporation yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor Hiroyuki Fukui di Kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Dalam kesempatan tersebut juga datang Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menperin Airlangga Hartarto, Menaker Hanif Dhakiri dan Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki.

Komitmen Toyota untuk terus berinvestasi di Indonesia sudah disampaikan Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda saat datang ke Indonesia pada perayaan 40 tahun Toyota. "Kami tidak hanya meningkatkan produksi semata tapi juga menambah jumlah ekspor. Saat ini Toyota sudah mengekspor mobil dalam bentuk utuh ke lebih dari 80 negara. Ekspor Toyota mencapai 89 persen dari total ekspor otomotif Indonesia," ujar Fukui.

Jumlah diler yang mendekati 300 diler di seluruh Indonesia akan terus bertambah lagi. "300.000 karyawan bekerja dengan penuh hasrat di Toyota Group," ujarnya.

Toyota pun sudah bekerja sama dengan suplier dalam menghasilkan kendaraan utuh unuk Indonesia. Total ada 13.000 orang dari 850 suplier yang bekerja sama dengan 288 diler Toyota di seluruh Indonesia.

(ddn/ddn)

Kamis, 15 Desember 2016

Penasaran dengan Konsumsi BBM Honda Brio? Ini Angkanya

Honda Day 2016 dimanfaatkan Honda untuk menggelar pengujian konsumsi mobil Honda Brio. Mobil dikendarai oleh para wartawan media nasional.

Penasaran dengan Konsumsi BBM Honda Brio? Ini Angkanya

Menurut PR Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili, Honda ingin membuktikan mobil Brio bisa memiliki angka konsumsi BBM yang menembus 20 km per liter.

"Sebelumnya ada media yang mengetes Brio bisa mencapai 21,9 km per liter. Kita ingin membuktikan bukan hanya 1 orang yang bisa melakukannya tetapi banyak orang juga bisa," ujarnya di kantor Honda di kawasan Sunter.

Senior Manager Service Technical and Warranty PT Honda Prospect Motor Muhamad Zuhdi menambahkan Brio sudah mengusung transmisi CVT yang bobotnya berkurang 10 persen dibanding CVT generasi lama.

"Dengan beberapa keunggulan CVT ini akan berpengaruh pada efisiensi BBM, efisiensi CVT dibanding sebelumnya sangat tinggi, dan sudah mendapatkan predikat mobil LCGC (Low Cost and Green Car) dengan pengujian bahan bakar di atas 20 km per liter," ujarnya

Pengetesan dimulai dengan jarak sekitar 55 km dari kantor PT Honda Prospect Motor di jalan Gaya Motor 1 Sunter, menuju kawasan ICE, BSD, Tangerang. Rute yang diambil dari Sunter masuk ke tol Kamal, kemudian tol lingkar luar kemudian belok lagi menuju tol Jakarta Serpong dan finish di BSD. Oh iya, ada 2 orang dalam 1 mobil.

Bagaimana hasilnya? Pengukuran dilakukan dengan melihat rata-rata konsumsi BBM lewat komputer mobil yang tertera di MID mobil. Berikut data hasil lengkapnya yang dicatat oleh puluhan wartawan. Ada beberapa wartawan yang mencatat hasil yang sama

22 km per liter
23,2 km per liter
23,7 km per liter
23,8 km per liter
23,9 km per liter
24,5 km per liter
25,1 km per liter
25,2 km per liter
25,2 km per liter
25,4 km per liter
26,3 km per liter
26,5 km per liter
26,8 km per liter
27 km per liter
27,7 km per liter
28,3 km per liter
28,9 km per liter

Mobil yang ditumpangi detikOto sendiri mendapatkan angka 25,2 km per liter. Angka itu didapat dengan menggunakan AC (1 bar), kecepatan dijaga konstan di angka 60 km per liter. Audio dan lainnya juga tetap sama. Patut ditunggu juga untuk pengukuran dengan metode full to full ya.

Sabtu, 10 Desember 2016

Kijang, Mobil Tersukses Toyota Selama 45 Tahun di Indonesia

Toyota Kijang diklaim menjadi produk tersukses Toyota selama 45 tahun kehadirannya di Indonesia. Nama Kijang berasal dari singkatan 'Kerjasama Indonesia dan Jepang'. Pertama kali dibuat tahun 1977, Kijang pertama dikenal dengan nama Kijang Buaya.

Kijang, Mobil Tersukses Toyota Selama 45 Tahun di Indonesia

Desain mobil sangat sederhana bahkan untuk penutup pintu terbuat dari bahan terpal dan plastik, untuk pintu masih menggunakan model engsel dengan letak berada di luar bodi atau terlihat.

Generasi pertama Kijang ini menggunakan mesin tipe 3K berkuatan 1.200 Liter (1.166 cc) dengan empat transmisi. Tercatat generasi pertama ini membukukan penjualan sebanyak 26.806 unit di seluruh Indonesia.

"Kalau yang sustain itu Kijang gimana dia bisa sampai ke generasi keenam, bagaimana kita bisa sustain terus dan nggak mudah even global product juga nggak mudah," kata Senior Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Edward Otto Kanter, dalam sebuah diskusi 45 Tahun Toyota di Indonesia, di Jakarta.

Kijang generasi kedua hadir pada tahun 1981 dengan nama sebutan Kijang Doyok. Generasi kedua Kijang ini adalah penyempurnaan dari generasi pertama dengan desain yang sama degan generasi pertama dengan mengubah pada bagian grill depan dan permukaan pintu yang serupa dengan body mobil.

Dari sisi mesin Kijang generasi kedua juga mengalami perubahan yaitu menggunakan mesin kapasitas 1.3 L (1.290 cc) I4 4K bensin dan 1.5 L (1.486 cc) I4 5K bensin. Kijang Doyok tercatat terjual lebih dari 100.000 unit selama jangka waktu lima tahun.

Generasi ketiga Toyota Kijang adalah penyempurnaan dari Kijang generasi kedua untuk model MPV maupun pick up. Pada generasi ketiga ini Toyota menggunakan teknologi Pressed Body sehingga dapat mengurangi bobot kendaraan hingga 5 kg.

Pada generasi ketiga ini Toyota mulai bergeser dari kendaraan niaga ke kendaraan penumpang. Pada generasi ketiga ini Toyota juga mulai menggunakan logo khas yang digunakan hingga hari ini.

Perubahan besar besaran terjadi pada sisi interior, eksterior dan juga mesin. Dari sisi interior dasboard mengalami perubahan dan juga mendapat tabahan tachometer, penambahan fender, Power Window, Alloy Wheel bermerek Enkei, dan AC double blower.

Sementara dari sisi mesin Kijang generasi ketiga ini Toyota memperkenalkan mesin baru yaitu 5 kecepatan. Sehingga Kijang hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 4 kecepatan dan 5 kecepatan. Kijang generasi ketiga ini berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 492.123 unit.

Perubahan besar-besaran terjadi pada generasi keempat ini dimana pada sisi eksterior bentuk kotak bertransforamsi menjadi bentuk kapsul dan lebih aerodimanis. Karena bentuk ini lah Kijang generasi ke empat ini mendapat julukan Kijang Kapsul. Pada generasi ini Toyota mulai menggunakan mesin diesel 2.4 L (2,446 cc) I4 2L diesel yang mulai diperkenalkan pada tahun 2000, pada tahun tersebut Toyota juga mengubah Kijang dari sisi eksterior dan interior, yang meliputi perubahan pada lampu, bumper dan dashboard-nya.

Kijang EFI berkapasitas 2.000 cc diluncurkan pada bulan September 2000, dengan mesin bertipe baru, 1RZ-E untuk variant Grand dan Krista. Kijang generasi keempat ini saat ini masih banyak ditemui di jalanan dalam kondisi yang relatif lebih baik baik yang dimiliki oleh perseorangan maupun instansi pemerintahan. Kijang Generasi keempat ini total terjual sebanyak 269.226 unit.

Kijang generasi keempat ini mulai diekspor ke berbagai negara dengan berbagai nama, kecuali untuk Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang, yaitu Malaysia dan Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace surf),Vietnam (Toyota Zace) dan Afrika Selatan (Toyota Condor 4x4).

Generasi kelima Toyota mulai memperkenalkan Innova dimana mobil ini masih menggunakan DNA Kijang. Perubahan besar-besaran terjadi pada sisi interior, eksteror dan juga mesin. Kijang semakin mengukuhkan sebagai kendaraan keluarga dengan fitur kemewahan dalam Kijang Innova.

Kijang Innova mulai mengunakan mesin dengan teknologi VVT-i 2000 cc dengan jenis 1TR-FE berkatup 16 DOHC dengan tenaga yang jauh lebih besar daripada Kijang generasi sebelumnya, yaitu sebesar 136 hp, menggantikan jenis K/RZ Dan L pada generasi sebelumnya. Sementara untuk mesin diesel menggunakan jenis D4D atau juga disebut Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection.

Selama sembilan tahun Kijang Innova mengalami facelift sebanyak tiga kali yaitu Kijang Innova facelift pertama (September 2008-30 Juli 2011), Kijang Innova facelift kedua (30 Juli 2011-18 Agustus 2013) dan Kijang Innova facelift ketiga (18 Agustus 2013-November 2015).

Tak habis sampai disitu, Toyota kembali meluncurkan generasi keenam yaitu Kijang Innova generasi keenam ini baru saja di perkenalkan publik Indonesia sekaligus dunia pada tanggal 23 November 2015. Kijang Innova mengusung nama Kijang All New Innova dengan slogan "The Legend Reborn". Kijang Innova bertransormasi menjadi kendaraan MPV dengan memanjakan keluarga Indonesia dengan fitur kemewahan.

Pada generasi Kijang Innova kedua ini Toyota mengubah line up yang ada pada generasi pertama Kijang Innova menjadi tiga varian yaitu G, V dan Q menghilangkan line up J, E sebagai varian paling bawah pada Kijang Innova generasi pertama.

Keputusan Toyota menyederhakana line up dan menambah line up baru yaitu tipe Q sebagai tipe tertinggi karena menurut survey pelanggan setia Kijang Innova menginginkan fitur yang sama atau lebih tinggi dari tipe G karena itulah Kijang Innova kini hadir dalam tipe G, V dan Q dimana fitur kemewahan dari sisi interior, safety menjadi fokus utama.

Kurang dari satu minggu diluncurkan All New Kijang Innova elah berhasil terjual sebanyak 5.000 unit di seluruh Indonesia. Kijang Innova generasi kedua dari Innova atau generasi keenam dari Kijang ini kabarnya juga akan di ekspor ke Australia.

"Nggak gampang lho sixth generation, nggak gampang kalau go international nama Kijang masih dipakai. Kijang itu dari Indonesia mendunia," ungkap mantan Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan di tempat yang sama. (dry/ddn)

Senin, 05 Desember 2016

Kisah Jusuf Kalla Ikut Pilih Nama Mobil Kijang

Kijang merupakan mobil yang diproduksi Toyota di Indonesia dan disebut sebagai yang tersukses buat Toyota di Indonesia. Wapres Jusuf Kalla dulu ternyata merupakan salah satu orang yang memilih nama Kijang.

Kisah Jusuf Kalla Ikut Pilih Nama Mobil Kijang

Jusuf Kalla menceritakan hal itu saat menghadiri jamuan perayaan 45 tahun Toyota Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/10/2016). Kijang lahir di tahun 1977, namun sebelum itu, ada tim khusus yang menggodok nama mobil.

"Saya juga gembira pada saat pertama kali Kijang diluncurkan, dalam pertemuan konvensi, apa namanya, mobil apa. Saya termasuk 6 orang yang memilih (nama) Kijang," ujarnya.

"Jadi Toyota bukan hanya berdiri sendiri tapi soal nama pun digotongroyongkan sehingga punya makna secara keseluruhan," ujarnya.

Kalla meminta Toyota tetap memajukan industri otomotif, karena perekonomian yang maju juga akan memajukan industri otomotif.

"Indonesia punya penduduk yang banyak suatu industri seperti Toyota akan maju secara bersama," tuturnya. (ddn/ddn)