Rabu, 30 November 2016

Jusuf Kalla: Toyota Sudah Menjadi Bagian dari Hidup Saya Puluhan Tahun

Di mata Wakil Presiden Jusuf Kalla, Toyota sudah seperti keluarga. Toyota menurutnya sudah menjadi bagian hidup selama puluhan tahun.

Jusuf Kalla: Toyota Sudah Menjadi Bagian dari Hidup Saya Puluhan Tahun

"Selamat atas ulang tahun yang ke-45, angka yang baik karena kita merdeka tahun '45. Setiap hadir di acara Toyota saya suka lupa, apa saya Wapres atau keluarga Toyota, karena 45 tahun Toyota merupakan bagian dari hidup saya, malah lebih dari 45 tahun," ujarnya dalam perayaan 45 Tahun Toyota Indonesia di Jakarta.

Kalla memang sempat mengurusi penjualan mobil Toyota di Sulawesi lewat Kalla Group sejak 1969. Saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian pada 1999, diler Toyota kemudian diserahkan ke Fatimah Kalla.

Jusuf Kalla: Toyota Sudah Menjadi Bagian dari Hidup Saya Puluhan TahunFoto: dok Toyota


Mengenai merek Toyota, menurut Kalla masyarakat Indonesia sudah mengenal kualitas dan komitmen Toyota. "Pertama konsumen, kedua distribusi baru manufacturing, sehingga mendarah daging di keluarga Toyota. Itu yang bikin Toyota besar di mana-mana, termasuk di Indonesia," ujarnya.

Kalla menambahkan sebagai perusahaan otomotif, Toyota sudah melakukan evolusi atau transisi yang teratur. Dengan mengawali perakitan mobil secara SKD (Semi Knocked Down), CKD (Completely Knocked Down), kemudian memproduksi mobil sampai akhirnya meningkatkan kandungan lokal. "Itu suatu perjalanan yang panjang dan kemajuan yang pasti," ujarnya.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Fukui pun mengucapkan terima kasih kepada Jusuf Kalla. Menurut Fukui, Kalla merupakan pionir karena membawa Land Cruiser pertama kali ke Makassar tahun 1960-an.

"Kami siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan industri otomotif," ujar Fukui dalam sambutan berbahasa Inggris. (ddn/ddn)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda